Terpopuler:

Cara Menjadi YouTuber Traveling Sukses Bagi Pemula

14 December 2019 - Kategori Blog

Channel YouTube yang dibangun bisa dibangun dengan berbagai macam tema dan sub pembahasan. Salah satu tema dan sub pembahasan yang bisa ditampilkan adalah Traveling. Nah, membahas soal traveling merupakan salah satu langkah jitu untuk Anda yang suka banget dan doyan banget untuk traveling nih.

cara menjadi youtuber travelling sukses

Dengan menjadi YouTuber traveling tentu Anda tidak akan kehilangan pembahasan dan tidak akan kehabisan ide karena apa yang Anda bahas adalah hal yang Anda suka. Nah, jika Anda merupakan seorang pemula dan bercita – cita menjadi YouTuber traveling, berikut kami uraikan cara menjadi YouTuber traveling yang Anda harus tahu!

Baca juga:

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Ukuran Header Channel YouTube dan Cara Membuatnya

Cara Menjadi YouTuber Traveling Bagi Pemula

1. Berusahalah konsisten dengan tema yang Anda usung

Sebelum membuat pembahasan di channel YouTube, tentukan tema Anda dan apa saja yang akan masuk di pembahasan pada channel yang Anda buat. Misalkan jika Anda sudah memilih untuk membahas tentang makanan daerah ketika traveling didalam channel YouTube, Anda harus konsisten untuk membagikan berbagai video tentang makanan.

Jangan sampai Anda sering mengubah konsep video di channel YouTube Anda. Hal tersebut penting karena kebanyakan orang akan melakukan subscribe channel YouTube yang konsisten membahas satu tema yang menurut mereka menarik.

Jadi konsistenlah dengan satu tema dan pastikan Anda sudah mengedit sebaik mungkin dengan tata cara saji yang semenarik mungkin. Untuk mencari tahu seperti apa yang diinginkan oleh penonton atau subscriber setia channel Anda, Anda bisa sesekali bertanya pendapat mereka tentang apa yang Anda bagikan.

Namun jangan Anda hanya sekedar bertanya, ketika subscriber memberi jawaban Anda perlu lakukan apa yang menjadi request mereka agar subscriber channel Anda senang dan merasa diperhatikan.

2. Perhatikan kualitas video dan audio

Tak ada orang yang mau dengan suguhan yang kurang sempurna. Setiap orang tentu butuh sajian yang sempurna untuk dilihat secara visual dan didengarkan dengan telinga. Walau tidak sempurna, yang penting nyaman minimal syaratnya.

Nah, untuk menyajikan video yang semacam itu di channel YouTube Anda, pilih perangkat yang memang kualitas perekamannya baik. Untuk mendapatkan semua itu tidak harus Anda membeli kamera professional kok,  yang penting smartphone Anda memiliki kualitas gambar dan video yang baik tak masalah. Untuk meminimalisir getaran, Anda juga bisa menggunakan tripod untuk penyeimbang smartphone atau kamera Anda.

Anda harus ingat ya bahwa bagian ini adalah bagian yang sangat penting. Anda juga harus ingat bahwa audio dalam video harus baik supaya viewer Anda mampu merasakan atmosfer seperti apa didalam video yang Anda bagikan.

Anda harus membuat mereka nyaman berlama – lama dalam video dan buat mereka ketagihan didalamnya. Untuk audionya, agar suara didalam video tidak pecah, Anda bisa manfaatkan mic khusus smartphone yang berkualitas atau bisa Anda gunakan lisensi Creative Cummons atau Reisable tanpa membayar.

3. Mulailah melakukan branding supaya video tidak di reupload orang lain

Bagaimana jika hasil karya Anda di reupload orang lain? Sangat sakit bukan?

Karena itu ada baiknya Anda membranding video dengan watermark agar tidak mudah bagi orang yang tak bertanggung jawab mereupload video Anda. Jangan sampai Anda menelan kerugian dengan berbagai pengeluaran didalam pembuatan video namun ujung – ujungnya di reupload oleh orang lain. Anda juga bisa buat intro singkat dan highlight supaya video yang Anda unggah tidak mudah disebarkan oleh orang lain.

4. Promosikan video yang Anda buat di berbagai akun sosial media

Semua orang pasti tidak akan secara langsung tahu video Anda ketika mereka baru membuka YouTube. Nah, untuk bisa mengakalinya Anda harus sering sharing video yang Anda buat di berbagai sosial media yang Anda punya.

Anda share saja video yang Anda sudah upload di channel YouTube melalui media Facebook, Twitter, Instagram dan juga akun yang lainnya. Hal ini akan dapat membantu meningkatkan jumlah viewer Anda.

5. Daftarkan channel dalam program Google Adsense

Setiap orang punya cara masing – masing untuk bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube. Tidak hanya program adsense saja sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang YouTuber. Namun tak dapat dipungkiri bahwa target utama dan pertama kebanyakan YouTuber adalah adsense walau nilainya sangat kecil.

Nah, ketika Anda mulai punya banyak viewers dan subscriber, Anda bisa mendaftarkan channel YouTube Anda ke dalam program adsense. Google akan melakukan peninjauan apakah channel Anda layak atau tidak. Jika layak, pendaftaran Anda akan segera di approved.

6. Jalinlah komunikasi dengan viewer Anda

Komunikasi bukan hal yang penting bagi suatu hubungan percintaan atau persahabatan saja. Melainkan hubungan antara seorang YouTuber dengan viewers dan subscribernya juga penting dijalin dengan komunikasi. Bagaimana cara komunikasi dengan viewers atau subscribers?

Salah satu caranya adalah dengan like komentar mereka dan membalas komentar mereka. Beri pengertian juga jika tidak semua like dan komentar bisa dibalas. Namun tetap usahakan yang terbaik dengan subscriber dan viewers Anda.

Itulah beberapa cara menjadi YouTuber traveling yang Anda bisa coba. Jika perlu jangan lupa untuk kolaborasi dengan YouTuber traveling yang lain agar semakin menarik dan menyediakan konten yang baru dan fresh!

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp