Terpopuler:

Ukuran Header Channel YouTube dan Cara Membuatnya

13 December 2019 - Kategori Blog

Tak dapat dipungkiri bahwa media kreatif anak muda sudah semakin banyak. Salah satunya adalah YouTube. YouTube menjadi salah satu sosial media yang saat ini menjadi trend tersendiri di kalangan kaum milenial.

Melalui YouTube, kaum milenial semakin kreatif dalam mendesain dan melakukan editing video. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah YouTuber pemula yang merasa bingung ketika pertama kali harus membuat header channel YouTube. Lantas, berapa ukuran header channel YouTube dan cara membuatnya bagaimana?

Nah, untuk Anda yang baru pemula dan sedang belajar menjadi YouTuber, berikut beberapa hal penting yang Anda harus tahu tentang ukuran header channel YouTube dan cara membuatnya. Lets check these out!

Baca juga:

Cara Mengganti Nama Channel Youtube (Lengkap Disertai Gambar)

Cara Melihat Penghasilan YouTuber dengan Socialblade

Ukuran Header Channel YouTube dan Cara Membuatnya

Mengenai berapa ukuran header channel YouTube dan cara membuatnya kita akan kupas dalam informasi berikut ini. Ukuran header channel YouTube tidak boleh disetting sesuai selera dan kemauan Anda saja.

ukuran header youtube

Suatu channel YouTube untuk headernya bisa Anda setting dengan ukuran reguler yang diharuskan yaitu di angka 2560 x 1440 pixel. Untuk langkah – langkahnya membuat header channel YouTube yang mudah, sebagai berikut :

  • Untuk header, YouTube memberikan syarat ukuran gambar dan ukuran file ketika Anda melakukan upload gambar harus sesuai aturan. Ukuran yang ditaksir sesuai aturan dari YouTube yaitu dengan resolusi 2560 x 1440 pixel dan maksimal memiliki file 6 MB.
  • Selanjutnya Anda juga harus mengedit gambar dari aplikasi Photoshop. Cobalah untuk Anda mulai mencari gambar secara gratis melalui situs pixabay.com. Kemudian download gambar yang menurut Anda bagus dan menarik agar lebih cepat mendapatkan pengunjung.
  • Setelah Anda memilih gambar yang Anda suka, kemudian buka aplikasi Photoshop dan langsung lakukan edit gambar. Anda harus ingat bahwa ukuran gambar harus sesuai dengan taksiran resolusi yang dimaksudkan yaitu mencapai 2560 x 1440 pixel.
  • Jika anda kesulitan dalam membuat ukuran di photoshop, anda bisa download template nya disini:  channel art template
  • Lakukan editing atas gambar yang sudah didownload dan tambahkan teks yang Anda inginkan jika memang Anda ingin dengan disertai teks.
  • Untuk menambahkan teks, Anda bisa klik tools T di sebelah bagian kiri.
  • Selanjutnya klik Image size
  • Selanjutnya Anda atur ukuran agar sesuai yaitu sebesar 2560 x 1440 pixel
  • Kalau ukuran gambar sudah Anda sesuaikan, selanjutnya klik oke.

Itulah tutorial cara membuat ukuran header channel YouTube dan melakukan customisasinya termasuk mengcustom penambahan teksnya.

Namun terkadang langkah – langkah diatas tidak sepenuhnya berhasil. Ada juga yang gagal. Jika kebetulan Anda mengalami kegagalan, apa sih yang Anda harus lakukan selanjutnya?

Ada beberapa langkah yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi kegagalan atau error dalam pembuatan header channel YouTube. Cara mengatasi error tersebut yaitu dengan Anda masuk ke akun YouTube dengan browser yang berbeda. Simple bukan?

Sebagai contoh, jika Anda tidak dapat mengganti header YouTube di Google Chrome, maka Anda bisa langsung masuk ke akun YouTube melalui browser internet explorer atau opera atau Mozilla firefox atau UC browser atau yang lain.

Anda tidak akan menemukan pesan error seperti yang terjadi di Google Chrome atau Anda bisa melakukan langkah biasa untuk mengubah header channel YouTube Anda. Jika cara diatas tidak berhasil, Anda bisa upload gambar dari file komputer atau memilih gambar dari file online.

Anda juga bisa memilih gambar dari gallery yang nantinya disediakan oleh YouTube untuk ditampilkan di header channel YouTube Anda. Header berfungsi sebagai banner. Anda juga bisa menambahkan link ke situs sosial media di banner atau header channel YouTube Anda tersebut. Caranya yaitu :

  • Buka komputer Anda lebih dulu
  • Kalau sudah Anda buka, kemudian buka channel YouTube Anda.
  • Klik tab Tentang.

cara membuat header youtube

  • Jika Anda menggunakan tata letak YouTube yang baru, Anda bisa klik langsung di bagian tab Sesuaikan channel.

ukuran header channel youtube dan cara membuatnya

  • Kemudian Anda arahkan kursor ke bagian “Tautan”, setelah itu klik icon edit

menambahkan link di channel art

  • Selanjutnya klik tombol dan klik tambahkan

ukuran header youtube 2019

  • Masukkan judul dan URL situs yang Anda ingin tautkan. Anda pun bisa tambahkan berbagai macam link yang ada sampai dengan lima link.
  • Selesai

Mengenai link yang ditambahkan sendiri akan ditampilkan secara persis nantinya di bagian bawah deskripsi Anda. Anda pun bisa menggunakan icon dari jaringan sosial media yang memang sesuai ketika sudah ditampilkan. Sesuaikan semuanya dengan ketentuan dan kebutuhan Anda.

Cukup mudah bukan cara membuat header channel YouTube dan mengatur ukuran channel YouTube Anda? Anda bisa mencobanya dengan beberapa cara alternatif diatas. Semoga informasi diatas beserta tambahan informasi tentang linking YouTube menjadi informasi yang menambah wawasan dan menginspirasi pastinya.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp